AUDIT PEMASARAN

1. DEFINISI

Audit pemasaran suatu pengujian yang komprehensif, sistematis dan independen Danperiodik dari suatu perusahaan, unit usaha,lingkungan pemasaran, strategi dan aktivitas dengan maksud untuk menentukan area masalahdan peluang serta merekomendasikan suatu rencaan tindakan untuk memperbaiki kinerja perusahaan

Audit pemasaran lebih menekankan pada evaluasi terhadap bagaimana efektifitas organisasi pemasaran dalam meningkatkan kinerjanya. Seperti halnya audit keuangan, audit pemasaran di laksanajan secara berkala sebagai penganti ketika mekanisme pengendalian tanpak keluar dari system pengendalian. 

Audit pemasaran bukan suatu proses pengendaalian yang di gunakan hanya selama terjadi krisis,akan tetapi dalam bisnis yang mengalami hambatan mungkin di gunakan untuk mengisolasi permasalahan dan mencari solusinya.

2.TUJUAN DAN MANFAAT AUDIT PEMASARAN.

Tujuan utama dari audit pemasaran adalah untuk mencari dan mengidentifikasikan masalah-masalah atau ancaman-ancaman pemasaran yang mungkin akan atau sedang dihadapi oleh perusahaan dan membuat sebuah perencanaan perbaikkan yang perlu dilakukan untuk mengatasi dan menghilangi masalah-masalah tersebut, sehingga diharapkan aktifitas pemasaran dapat menjadi lebih efektif dan efisien. 

Sedangkan manfaat yang dapat kita peroleh dari diadakannya audit pemasaran ini adalah hasil audit dapat memberikan sebuah gambaran yang objektif tentang kinerja pemasaran perusahaan dan berbagai kekurangan yang terjadi dalam pengelolaan upaya pemasaran yang masih memerlukan perbaikan. 

Jadi sebuah audit pemasaran merupakan salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan untuk dioptimalisasi agar kinerja pemasaran perusahaan dapat dioptimalisasi juga, sehingga tujuan dari perusahaan untuk kinerja yang efektif dan efisien dapat tercapai.

3. TIPE AUDIT PEMASARAN
 
Ada dua tipe audit pemasaran, yaitu:
  1. audit fungsional (vertikal) merupakan audit yang dilakukan terhadap beberapa aktivitas dari departemen pemasaran seperti periklanan atau penjualan dan membuat analisis terhadap bagian-bagian yang diaudit tersebut.
  2. audit menyeluruh (horizontal), yang melakukan audit terhadap keseluruhan dari fungsi pemasaran perusahaan
Download serta lihat artikel lainya di sini dan salam sukses semoga bermanfaat

    Artikel Terkait